Ayam Kodok : Latihan Bareng Mengolah Ayam Kodok Bersama Malabar

Ayam Kodok : Latihan Bareng Mengolah Ayam Kodok Bersama Malabar

Ayam Kodok, pertama baca kalimat itu dari timeline di facebook pribadi 7 (tujuh) bulan yang lalu. Buka PO untuk ayam kodok harga Rp.450.000, kurang lebih begitulah statusnya. Whatttt ayam apaan Rp.450.000… mahaall bangett “langsung komen sendiri”…. kepo-lah diriku dengan Ayam yang seharga Rp.450.000 itu dan ternyata bentuknya besar ayam 1 ekor. Dari situlah mulai penasaran cara bikinnya gimana ya?? Kok bisa besar gitu ayamnya dikasih apa ya?? Banyak pertanyaan yang bikin penasaran.

Minggu, 25 september 2016 pukul 07:15 pagi waktu palmerah ngajak sih kuning (read: motor) ke arah Cilobak-Jakarta Selatan untuk ke rumah Mba Eni. Yess hari ini akan diadakannya Latbar (Latihan Bareng) Ayam Kodok dari grup Malabar (ini Latbar ke-2 bareng Malabar). Semangatt 45 donkk , di motor aja sambil nyanyi-nyanyi saking senangnya mau tau jawaban yang selama ini bikin penasaran tentang Ayam Kodok. Sampe dirumah mba eni jam 8 kurang dikit krn emang jalanan lancar banget gak pake macet. Sambil nunggu peserta yg lain dan sang guru dateng, aku bantu-bantu mba eni mempersiapkn semuanya untuk bahan Latbar.

Pukul 09:00 , mba Fika guru kami dateng disusul oleh mba Iha dan mba Novi dengan cerita kesasarnyaa hahahahaa… Malabar adalah grup Mak-mak lebar #Lol hahahaa yang betul Malabar adalah Makan Jalan Bareng. Ini latbar ke-2 ku bareng malabar. Yang pertama Latbar tekwan palembang yang aku tulis juga di blog ini ( Membuat Tekwan Palembang). Latbar dimalabar itu gak formil bisa dikatakan kita masak sambil becanda, ketawa-ketiwi, tapii seruu pake banget. Mba Fika pun gak mau dibilang guru,beliau hanya bilang kita belajar bareng. It’s ok !!

Semua pasukan sudah kumplit , bahan sudah siap dan saatnyaa yang ditunggu-tunggu di mulai juga… yuhuuu masak ayam kodok dimulai , berikut ini bahan-bahannya :

Bahan Utama ;

  • Ayam 1 ekor ukuran sedang
  • Daging sapi 2ons
  • Benang dan jarum jait 
  • Kertas alumuniumi foil 
  • Telor rebus 3butir
  • Buncis
  • Wortel
  • Jagung
  • Daun seladah

Bumbu dihaluskan ;

  • Bawang putih 
  • Garam
  • Lada
  • Bawang Bombay

Bumbu Oles ;

  • Margarin
  • Kecap manis
  • Saus tiram

Saus Ayko ;

  • Bawang bombay  1buah
  • Bawang putih 3siung
  • Saus BBQ  1botol
  • Kecap manis 5sdm
  • Saus tiram 2sdm
  • Air secukupnya
  • Lada
  • Garam
  • Gula

Cara Membuatnya :

  1. Cuci ayam 1 ekor tanpa di potong sampai bersih lalu Kuliti ayam untuk diambil dagingnya saja dengan menyisakan daging di bagian paha dan sayap. Tantangan pertama disini, ngebayangin awalnya ngulitin ayam itu mudah. Ternyata oh ternyataa susaaahh banget. Poin utama disini hanya boleh ada sedikit robekan yang terjadi pada kulit ayam agar sedikit juga proses jahitannya. Tapi yaa faktanyaa kulit ayam itu liciin banget, jait baju pake tangan lebih gampang menurut ku dibanding jait ayam 😂😂😂😂..banyak robekan dan banyak jaitan yang terjadi di ayam kodok ku.

    Tantangan pertama dalam proses ayam kodok
  2. Potong kotak-kotak daging ayam yang sudah dipisahkan dari kulitnya. Giling daging ayam hingga halus, lalu giling daging sapi hingga halus. Campur jadi satu daging ayam dan daging sapi, masukan bumbu yang dihaluskan dan aduk rata serta koreksi rasa.
  3. Ambil ayam yang sudah dikuliti tadi, masukan daging (point 2) dari bagian atas kulit lalu jait bagian atasnya saja. masukan telor rebus ke pangkal paha kanan 1 dan pangkal kiri 1, agar seperti ayam biasa montoknya 😆😆. Masukan kembali telor 1 butir ke bagian tengah kulit untuk memberikan efek naik di body ayam. Lalu masukan pula semua daging yang sudah di giling dan jait sekeliling bagian bawah untuk perekatnya.

    Ayam siap dikukus *abaikan jaitannya
  4. Bungkus ayam dengan alumuniun foil dan masukan kedalam panci kukusan yang sudah mendidih. Kukus kurang lebih 10-20 menit. Setelah wangi dari ayam sudah kemana-mana keluarkan ayam dari kukusan dan ambil benang yang tadi di jaitakan ke ayam lalu ayam siap untuk proses panggang tanpa ada benang di body ayam. Bisa dikatakan ayamnya lepas jaitan hahaaaha.
  5. Sebelum ayam dipanggang di olesi terlebih dahulu dengan bumbu oles seperti poto ini Lalu panggang ayam 15-30 menit.oh ya jangan lupa di balik ya ayamnya pas dipanggang biar matengnya rata dan bisa juga sampai 45menit bila mau garing daging ayamnya.  Setelah matang matikan api dan di angkat ayamnya.
  6. Selagi nunggu ayam tidak begitu panas, kita masak saus nya. Tumis bawang putih dan bawang bombay yg telah di potong-potong hingga layu dan harum. Masukan saus bbq ,saus tiram dan kecap serta tambahkan air. Aduk rata hingga mendidih, kasih garam-gula – lada dan uji rasa lalu matikan apinya.
  7. Rebus buncis , jagung dan wortel untuk pendamping ayam kodok saat dihidangkan. Siapkan wadah, alasi dengan daun seladah lalu masukan ayam dikeliling oleh sayuran yang sudah direbus dan inilah hasil akhirnya.. yummiiiiii …. perkenalkan ini Ayam Kodok Tanpa Kodok😁😁😁😁

    Ayko = Ayam Kodok

Rasanyaa senang banget, dan pengen dipraktekin lagi. Terima kasih mba fika , mba eni, mba iha dan mba novi .

Yuhuuuu next malabar latbar apa lagii yaa???

Advertisements

23 thoughts on “Ayam Kodok : Latihan Bareng Mengolah Ayam Kodok Bersama Malabar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s